Minggu, 25 November 2012

0 Hijrah dari Jahiliyah Menuju Peradaban Gemilang

Baru beberapa hari kemarin kita telah memasuki tahun 1434 H, banyak umat Muslim yang merayakan datangnya tahun baru Islam ini. Tentu saja seharusnya tidak sekedar rutinitas diperingati setiap tahunnya.

Tapi kita juga harus tahu apa maksud Ummar bin Khaththab memberikan keputusan bahwa awal dari penanggalan tahun hijriyah ini adalah pada saat Rasulullah dan kaum Muslim hijrah ke Madinah.

Pada saat Rasulullah dan kaum Muslim hijrah ke Madinah, disitulah awal berdirinya Daulah Islam dan terbentuknya masyarakat Islam di Madinah.

Dari peristiwa ini, sudah sepatutnya kita renungkan dan refleksikan ke tatanan riil saat ini.

Keadaaan masyarakat modern saat ini dengan masyarakat pra hijrah itu memiliki kemiripan yaitu sama-sama jahiliyah, lebih tepatnya yaitu jahiliyah modern karena hanya bedanya pada masyarakat saat ini sudah maju dalam hal teknologi yang modern.

Mengapa bisa disebut jahiliyah modern? Karena salah satu ciri masyarakat jahiliyah dahulu itu adalah kehidupannya diatur dengan aturan dan sistem jahiliyah yaitu aturan dan sistem buatan manusia.

Pada masyarakat Quraisy, aturan dan sistem kemasyarakatan dibuat oleh para pemuka kabilah. Hal itu mereka rumuskan melaluli pertemuan para pembesar dan tetua kabilah di Dar an-Nadwah.

Kondisi yang sama persis juga berlangsung pada saat ini. Kehidupan diatur dengan aturan dan sistem buatan manusia, yang dibuat oleh para wakil rakyat yang berkumpul di gedung parlemen.

Akibat dari diterapkannya atau diaturnya kehidupan dengan aturan dan sistem buatan manusia akan membawa kita kepada kesengsaraan.

Masalah demi masalah kian hari semakin banyak dan tidak juga kunjung usai. Semuanya bisa kita rasakan sendiri di kehidupan saat ini. Oleh karena itu, saatnya kita hijrah dari sistem yang rusak kepada sistem dan aturan yang di ridhoi oleh Allah yaitu Islam.

Allah telah menciptakan manusia beserta seperangkat aturan-aturan untuk kehidupannya di dunia. Mengapa kita masih memakai aturan buatan manusia?

Seharusnya kita buang sistem jahiliyah modern saat ini dan menerapkan syariah Islam dalam bingkai Khilafah Islamiyah.


Nur Rahmi Fadhillah - Mahasiswi Pendidikan Agama Islam UPI

dimuat @detik.com
http://news.detik.com/read/2012/11/23/100512/2099094/471/hijrah-dari-jahiliyah-menuju-peradaban-gemilang

0 komentar:

Posting Komentar

 

Forum Opiniku :) Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates