Kamis, 22 Maret 2012

0 Kabinet Akankah Pro Rakyat?



Kabinet Indonesia Bersatu jilid II sudah terbentuk. Setelah melalui pentas audisi calon menteri akhirnya terpilih beberapa wajah baru seperti Endang Rahayu Setianingsih (Menteri Kesehatan), Tifatul Sembiring (Menteri Infokom), dan lain-lain.

Selain itu masih ada wajah-wajah lama seperti Sri Mulyani (Menteri keuangan), Marie Elka Pangestu (Menteri Perdagangan), Purnomo Yusgiantoro (Menteri Pertahanan). Ada juga wajah lama namun menempati posisi yang berbeda salah satunya Hatta Rajasa (Menko
Perekonomian).

Sebagian pihak menilai susunan kabinet baru ini sudah tepat karena telah mencerminkan keterwakilan kelompok politik yang disandingkan dengan pelibatan orang-orang profesional. Masyarakat pun mempunyai harapan kabinet baru lebih banyak dari kalangan profesional sebagai bentuk keinginan kuat masyarakat agar ada perubahan dalam kinerja pemerintah.

Masyarakat ingin ada perbaikan dari berbagai bidang. Seperti masalah kemiskinan, pengangguran, serta pendidikan. Namun, sepertinya masyarakat harus siap untuk kembali menelan kekecewaan akan harapan itu karena kabinet yang baru ini tetap kental dengan neoliberalisme.

Hal ini bisa terlihat dari komposisi kabinet yang masih diisi oleh orang-orang neolib dan bahkan menduduki posisi kunci. Jadi, bukan tanpa alasan kenapa mereka dipilih.

Selain itu juga, undang-undang dan kebijakan yang ada masih kental dengan aroma neoliberalisme. Seperti UU SDA, UU Minerba, UU penanaman Modal, UU Ketenagalistrikan, UU Migas, UU Sisdiknas, UU kesehatan, dan lain-lain.

Maka meski orang-orangnya banyak yang baru namun mereka hanya akan berjalan dalam kerangka sistem yang sudah dibentuk. Oleh karena itu selama ideologi kapitalisme neoliberalisme tetap dianut di negeri ini maka pergantian pemimpin dan kabinet tidak akan memberikan perubahan mendasar dalam kehidupan masyarakat.

Apakah kabinet pemerintahan saat ini akan pro kepada rakyat dan memperjuangkan kemaslahatan rakyat?

Oleh: Winda Yusmiati
Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Sunda'07 UPI

Dimuat @ http://news.detik.com/read/2009/11/03/183657/1234430/471/kabinet-akankah-pro-rakyat (Selasa, 03 Nopember 2009)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Forum Opiniku :) Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates